Share This Post

Hari Sabtu kemarin, saya bertemu teman-teman kuliah. Kami sudah bertahun-tahun tak bertemu. Berhubung kami tersebar di beberapa wilayah, Sidoarjo, Gresik, dan Lamongan, tempat pertemuannya harus bisa diakses semuanya. Icon Mall gresik menjadi pilihan. Ada bus Trans Jatim yang bisa saling menghubungkan kami semua untuk bertemu di Icon Mall. Ini menjadi pengalaman pertama saya naik bus Trans Jatim. Pengalaman yang cukup seru, karena saya sempat salah jurusan dan kebablasan halte! Duh! Gimana cerita lengkapnya? Baca sampai habis, ya!

Bus Trans Jatim

Pengalaman Naik Bus Trans Jatim, Salah Jurusan dan Kebablasan!

Bus Trans Jatim ini terinspirasi dengan transportasi Ibukota, Trans Jakarta. Kehadiran Trans Jatim diharapkan mampu memenuhi kebutuhan transportasi umum yang nyaman dan murah bagi masyarakat Jawa Timur. Trans Jatim menghubungkan wilayah GERBANGKERTASUSILA (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan). Koridor dan Rute Bus Trans JatimBus yang diluncurkan pada tahun 2022 ini menjadi bukti keseriusan pemerintah Jawa Timur dalam mewujudkan transportasi umum yang ramah lingkungan, murah, nyaman, dan terjangkau. Saat ini, Trans Jatim sudah memiliki 5 koridor.

1. Koridor 1 Sidoarjo-Surabaya-Gresik

Rute ini merupakan rute pertama yang diluncurkan, yang menghubungkan tiga wilayah penting di Jawa Timur. Jalur ini melintasi Terminal Porong (Sidoarjo), Terminal Purabaya (Bungurasih, Surabaya), dan Terminal Bunder (Gresik). Rute ini beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga 19.00 WIB.

2. Koridor 2 Mojokerto-Surabaya

Rute ini menghubungkan Kota Mojokerto dengan Surabaya, ibu kota provinsi. Jalur ini dianggap penting untuk mendukung perkembangan daerah sekitar Mojokerto, sekaligus mengurangi kemacetan di jalur utama yang menghubungkan kedua kota tersebut. Rute ini mulai beroperasi dari Terminal Kertajaya sejak pukul 04.00 WIB hingga 19.00 WIB.

3. Koridor 3 Rute Mojokerto (Terminal Kertajaya)-Gresik (Terminal Bunder)

Bus Trans Jatim koridor 3 diberi nama Suhita, yaitu Maharani Majapahit, Ratu Majapahit ke-6 yang memerintah tahun 1429-1447. Suhita merupakan singkatan dari Sarana Trans Jatim adalah sarana angkutan umum yang hebat, inovatif, tepat waktu, dan akurat.

4. Koridor 4 Gresik-Lamongan

Koridor Bus Trans Jatim III memiliki total jarak 30 kilometer, dilengkapi dengan 52 halte pemberhentian. Beroperasi pukul 05.00 WIB hingga 19.00 WIB, bus Trans Jatim ini berangkat dari Terminal Kertajaya hingga Terminal Bunder PP.

Koridor 4 diresmikan pada 9 Agustus 2024, dilayani dengan 15 armada bus yang beroperasi sejak pukul 05.00 WIB hingga 19.00 WIB dari Terminal Bunder dan Terminal Paciran. Berikut rute bus Trans Jatim koridor 4.

5. Koridor 5 Rute Surabaya-Bangkalan

Diluncurkan pada 30 September 2024, rute ini menjadi koridor terbaru di layanan bus Trans Jatim.

Baca Juga : Bukit Jaddih, Wisata Ala Cappadocia di Pulau Garam

Rute ini dilayani 14 unit armada bus dengan melewati delapan halte yang tersebar diantara Surabaya-Bangkalan. Jarak tempuh koridor ini mencapai 59 km.

Tarif Bus Trans Jatim

Tarif bus Trans Jatim ini sangat murah. Penumpang cukup membayar Rp. 5000,00 jauh dekat. Pembayaran bisa secara tunai dan non tunai (QRIS dan E-money).

Pengalaman Pertama Naik Bus Trans Jatim

Pukul 9 pagi saya sudah sampai di terminal Bungurasih. Saya langsung masuk ke halte khusus Trans Jatim. Saya bertanya pada petugas, bus mana yang ke Gresik. Petugas meminta saya untuk masuk ke dalam.

Baca Juga : Tips Seru Ajak Anak Naik Kereta Api

Saya pun masuk. Setelah menunggu selama 20 menit, bus tiba. Ketika bus jalan, kondektur sudah memberi tahu bahwa bus ini jurusannya Sidoarjo. Saat berhenti di halte Bungurasih Luar, saya pun bertanya. Apakah ini bus ke Gresik. Ternyata salah. Ini jurusan Sidoarjo, dengan pemberhentian terakhir di Terminal Porong. Untung baru sampai halte Bungurasih Luar, saya bisa turun. Naik yang jurusan Terminal Bunder. Rute Sidoarjo – Gresik.

Duh, bus penuh sesak. Saya tak kebagian tempat duduk. Setelah masuk kota Gresik, baru ada penumpang turun. Baru duduk. Saya pun berpesan ke kondektur, bahwa saya turun Icon Mall. Bus terus melaju hingga hampir sampai terminal Bunder. Saya kebablasan halte! Duh! Harusnya jika saya ingin ke Icon Mall saya turun di halte Kantor Bupati Gresik. Ya, mana saya tahu. Saya kira nama haltenya Icon Mall.

Saya pun turun di Terminal Bunder. Sebenarnya, saya bisa tetap naik Bus Trans Jatim yang tujuan Sidoarjo. Tapi takut kelamaan, saya pun naik ojek online. Kebetulan jarak antara Terminal Bunder dan Icon Mall hanya 1,5 km.

Duh, pengalaman pertama yang sungguh berkesan. Salah jurusan dan kebablasan halte! Ini mungkin salah saya sendiri sih, yang nggak cari tahu secara lengkap tentang rute dan jurusan bus. Saya cuma mengandalkan petugas. Padahal, belum tentu petugas bisa stand by kan?

Benar kata teman blogger saya, Dhenok Hastuti, kalau naik transportasi umum, emang harus cari tahu dulu tentang rute bus. Seperti saat mbak Dhenok naik Bus Trans Metro Pasundan (TMP).

Meski penuh drama seperti ini, saya senang bisa menginjakkan kaki di Icon Mall. Bisa bertemu teman kuliah yang sudah belasan tahun tidak bertemu. Semua efforts terbayar.

Pengalaman Naik Bus Trans Jatim, Salah Jurusan dan Kebablasan!

Bagaimana dengan teman-teman? Apa sudah ada yang pernah naik bus Trans Jatim?